Perawatan Tinitus dengan Teknologi Canggih
Tinnitus

Penanganan Tinitus dengan Teknologi Canggih

5/5 (1)

Tinitus atau yang dikenal dengan telinga berdenging adalah hal yang umum dan sering kali membuat kita frustrasi jika suara tersebut terdengar lebih sering dan dalam waktu yang cukup lama. Terkadang tinitus akan hilang dengan sendirinya atau dengan bantuan dokter, tetapi dalam beberapa kasus tinitus bersifat jangka panjang. Kebisingan suara tinitus ini bisa lebih dari sekadar mengganggu. Hal ini juga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kecemasan, depresi, gangguan tidur, dan gangguan pendengaran. Selain itu, dampak dari tinitus ini juga dapat menyebabkan hyperacusis, atau sensitivitas tinggi terhadap suara. Oleh karena itu, diperlukan penanganan yang tepat untuk tinitus Anda.

Banyak hal yang dapat menyebabkan tinitus, sehingga dokter akan mencoba mengidentifikasi terlebih dahulu akar masalahnya. Untuk melakukan hal ini, dokter mungkin akan meminta Anda melakukan pemeriksaan pendengaran, menjalani pemindaian pencitraan seperti CT scan atau MRI, dan mungkin melakukan pemeriksaan darah. Penumpukan kotoran telinga juga dapat menyebabkan tinitus, maka dokter akan membersihkan kotoran telinga Anda jika diperlukan. Dokter juga mungkin mengobati kondisi yang dapat menyebabkan tinitus, seperti hipertensi dan gangguan pada sendi rahang, atau menyesuaikan obat-obatan yang dikonsumsi dan dapat menyebabkan tinitus sebagai efek samping. Jika tidak berhasil, dokter mungkin akan meresepkan pengobatan untuk membantu meringankan gejala tinitus.

Saat ini, berkat kemajuan teknologi yang semakin canggih, pilihan penanganan untuk tinitus juga lebih mudah, hemat biaya, dan tidak terlalu mencolok dibandingkan sebelumnya. Teknologi cenderung akan bekerja lebih baik bila digunakan dengan pengetahuan dan dukungan konseling. Berikut adalah beberapa penanganan untuk tinitus:

1. Terapi Virtual Reality

Dengan terapi jenis ini, headphone dan kacamata khusus membantu Anda memasuki dunia seperti videogame. Di dunia maya, Anda menyelesaikan tugas visual dan pendengaran yang melatih otak Anda untuk mengabaikan suara tinitus. Meskipun demikian, hingga saat ini, belum ada cukup penelitian yang menunjukkan bahwa bentuk terapi ini berhasil secara signifikan mengatasi tinitus.

2. Aplikasi Pengantar Tidur

Saat ini ada beberapa aplikasi pengantar tidur yang mungkin dapat membantu Anda yang mengalami tinitus agar tidur lebih nyenyak dengan memutar suara latar belakang, masking audio, dan notched music. Ada aplikasi-aplikasi yang juga menyediakan video edukasi tentang tinitus serta rekaman tentang meditasi, hipnosis, dan relaksasi.

Disarankan untuk berkonsultasi dengan penyedia aplikasi untuk mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan aplikasi ini.

3. Alat Notched Music

Alat Notched music adalah alat yang memutar musik favorit Anda dengan nada yang dimodifikasi. Audio yang disesuaikan tidak memiliki nada atau suara yang mirip dengan tinitus Anda. Anda dapat memainkannya melalui aplikasi pada smartphone atau perangkat lain yang dapat Anda kenakan. Secara bertahap, mendengarkan secara teratur dapat mengurangi volume suara tinitus. Alat ini bekerja paling baik pada orang yang tinitusnya tidak terlalu parah.

4. Terapi Berbasis Internet

Terapi berbasis internet memberikan panduan dan dukungan untuk menjalani hidup sehat dan aktif dengan tinitus. Program-program ini mencakup terapi konsultasi online, konseling, dan komunitas yang dirancang untuk membantu Anda mengatasi gejala tinitus. Terapi ini mungkin menggunakan situs web, aplikasi, video, atau obrolan berbasis teks. Penelitian awal menunjukkan bahwa terapi berbasis internet bermanfaat untuk mengatasi gejala tinitus, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memvalidasi efektivitasnya. Saat ini terapi berbasis internet yang tersedia masih terbatas dalam bahasa Inggris dengan biaya yang cukup tinggi.

5. Alat Tinnitus Retraining

Alat tinnitus retraining memutar musik yang disesuaikan untuk membantu otak Anda belajar mengabaikan suara denging atau dering di telinga Anda. Dengan menggabungkan musik santai dengan suara-suara yang mengimbangi tinitus Anda, bentuk terapi suara ini membantu otak terbiasa mendengar suara tinitus dengan melatihnya kembali untuk mendengar suara tersebut sebagai suara latar atau netral, sehingga gejalanya dapat ditoleransi.

Alat ini terlihat seperti pemutar musik dengan headphone. Dokter mungkin meminta Anda untuk memakainya selama 2-4 jam setiap hari selama 6 bulan hingga satu tahun. Jika tinitus membaik, Anda mungkin perlu lebih jarang memakainya. Sebagai bagian dari terapi ini, Anda juga berpartisipasi dalam sesi konseling untuk membantu reaksi emosional Anda terhadap suara tinitus. Beberapa orang merasakan adanya perbaikan hanya dalam waktu 3 bulan. Perawatan ini sering kali bermanfaat bagi orang yang terus menggunakan perangkat dan mengikuti konseling sesuai instruksi.

6. Alat Untuk Menyamarkan Tinitus (Masking)

Alat masking adalah mesin kecil yang memutar suara untuk membantu menyamarkan kebisingan. Alat masking menghasilkan suara latar yang menenangkan seperti musik yang tenang/santai, white noise[1], dan suara alam. Rekaman audio yang lembut membantu menutupi atau menyamarkan suara tinitus dan mengalihkan perhatian Anda dari ketidaknyamanan yang ditimbulkannya. Anda dapat memutar suara masking di earbud, radio, atau aplikasi di smartphone setiap kali Anda mengalami telinga berdenging. Kebanyakan orang meletakkan alat masking di meja samping tempat tidurnya.

Dokter mungkin merekomendasikan penggunaan alat ini selain perawatan lainnya. Alat masking hanya berguna saat Anda menggunakannya, penanganan dengan alat masking tidak menyembuhkan tinitus dalam jangka panjang. Para peneliti masih mempelajari seberapa baik terapi ini bekerja.

7. Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar membuat suara eksternal/luar lebih keras sehingga Anda dapat fokus pada suara dari luar dan bukan pada telinga Anda yang berdenging. Dokter Anda mungkin merekomendasikannya jika Anda mengalami gangguan pendengaran ringan hingga sedang akibat tinitus. Alat bantu dengar yang dilengkapi dengan fitur multiflex tinnitus dan tinnitus sound support dapat membantu menyamarkan tinitus.

Opsi ini termasuk yang paling didapatkan dengan rentang harga yang cukup beragam. Hubungi cabang terdekat kami untuk informasi lebih lanjut.

Kamus Kecil

1. White noise: Kebisingan suara latar dengan menggunakan frekuensi suara rendah dan tinggi

Sumber :
https://www.webmd.com/a-to-z-guides/tinnitus-managing-with-technology

Please rate this

and share :
connect with us facebook-ABDI facebook-ABDI facebook-ABDI

Leave a Reply

Your email address will not be published.