Manfaat Alat Bantu Dengar Pada Kehidupan Anda
Alat Bantu Dengar

Manfaat Alat Bantu Dengar Pada Kehidupan Anda

No ratings yet.

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana alat bantu dengar bisa membantu gangguan pendengaran Anda. Penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa manfaat alat bantu dengar? Hal yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh alat bantu dengar, sehingga Anda dapat mempersiapkan diri saat menggunakan alat bantu dengar tersebut. Meskipun alat bantu dengar tidak dapat membuat pendengaran Anda normal kembali, tetapi alat bantu dengar membantu Anda mendapatkan pengalaman mendengar yang lebih baik dan dapat meningkatkan kualitas hidup Anda secara signifikan.

Bagaimana Alat Bantu Dengar Bekerja

Alat bantu dengar merupakan alat elektronik yang ditenagai oleh baterai. Dilengkapi dengan pilihan model yang bisa ditempatkan di dalam atau di belakang telinga Anda. Setiap alat bantu dengar memiliki mikrofon kecil yang berfungsi untuk menangkap suara. Sebuah chip komputer mengubah suara tersebut menjadi kode digital dan memperkuatnya dalam bentuk gelombang suara. Dengan pengeras suara yang disebut sebagai receiver, mengirimkan suara ke telinga Anda.

Alat bantu dengar tidak akan membuat Anda mendengar seperti sebelum mengalami gangguan pendengaran. Anda akan dapat mendengar suara lembut dengan lebih baik jika alat bantu dengar Anda memperkuatnya. Namun suaranya diubah secara elektronik dan memerlukan beberapa penyesuaian.

Manfaat Alat Bantu Dengar

Ketidakmampuan/keterbatasan mendengar memengaruhi kemampuan Anda untuk berpartisipasi dalam kehidupan di sekitar Anda. Hal ini dapat berdampak negatif pada kehidupan sosial, kesehatan mental, dan pekerjaan Anda.

Ada banyak alasan untuk memakai alat bantu dengar yang dapat membantu Anda mendengar dan memahami suara di sekitar Anda dengan lebih baik, seperti:

  • Membantu Anda memahami kata-kata orang lain selama percakapan
  • Meningkatkan keterampilan komunikasi Anda
  • Memberi Anda lebih banyak kemandirian seiring bertambahnya usia
  • Meredam tinitus (telinga berdenging)
  • Mengurangi risiko jatuh
  • Meningkatkan kekuatan otak
  • Menurunkan risiko demensia
  • Meningkatkan suasana hati
  • Mencegah kesepian

Tantangan Menggunakan Alat Bantu Dengar

Meskipun alat bantu dengar adalah alat yang luar biasa, ada beberapa hal yang mungkin perlu jadi bahan pertimbangan saat memakainya, seperti:

  1. Harganya cukup mahal. Meskipun harga alat bantu dengar sangat bervariasi, Anda dapat memperkirakan alat bantu dengar yang berkualitas baik harganya akan mencapai jutaan. Selain harga perangkat itu sendiri, juga ada biaya aksesoris tambahan, garansi, atau layanan purna jual lainnya.
  2. Anda harus rutin merawat alat bantu dengar. Alat bantu dengar perlu dibersihkan secara teratur dan sesuai dengan Anda juga harus menjaganya tetap kering dan terhindar dari suhu ekstrem. Berhati-hatilah dengan produk pribadi seperti hairspray saat Anda menggunakan alat bantu dengar. Segera ganti baterai setelah alat bantu dengar memberikan tanda. Matikan alat bantu dengar Anda saat Anda tidak menggunakannya.
  3. Akan terasa tidak nyaman diawal. Alat bantu dengar Anda akan dipasangkan di telinga Anda, dan pada awalnya mungkin telinga Anda mungkin terasa “penuh” saat Anda memakainya. Tetapi lama kelamaan Anda akan terbiasa. Seharusnya tidak menyebabkan rasa sakit, jadi jika Anda merasakan ketidaknyamanan seperti rasa sakit atau pegal, konsultasikan dengan audiologis atau konsultan pendengaran Anda.

Membiasakan Diri dengan Alat Bantu Dengar

Butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru dalam memakai alat bantu dengar. Selama masa penyesuaian, Anda akan merasa:

  1. Suara Anda terdengar lucu. Ini mungkin terdengar terlalu keras atau bergema saat Anda berbicara. Anda harus beradaptasi dengan hal ini setelah beberapa minggu penggunaan alat bantu dengar secara teratur.
  2. Kedengarannya nyaring. Jika telinga Anda tidak dapat mendengar suara dengan baik, hal ini terutama memengaruhi cara kita mendengar suara bernada tinggi. Alat bantu dengar Anda kemungkinan besar akan memperkuat suara-suara ini lebih dari alat bantu dengar lainnya. Pada awalnya mungkin terdengar aneh atau terdengar tidak biasa, namun lama kelamaan akan terdengar lebih normal.
  3. Kebisingan suara latar belakang sangat mengganggu. Karena Anda sudah lama tidak mendengar banyak suara di latar belakang, otak Anda tidak secara otomatis menyaringnya. Anda mungkin akan sangat menyadari semua suara di sekitar Anda, seperti percakapan lain, dengungan alat elektronik, atau gemerisik kertas ketika Anda menggunakan alat bantu dengar. Saat Anda memakai alat bantu dengar, otak Anda akan belajar kembali untuk mengabaikan suara-suara yang kurang penting dan fokus pada suara-suara yang Anda minati. Semakin sering Anda memakai alat bantu dengar dan semakin baik perawatannya, semakin cepat Anda akan menyesuaikan.

Sumber :
https://www.webmd.com/a-to-z-guides/cm/helpful-not-perfect-hearing-aids

Please rate this

and share :
connect with us facebook-ABDI facebook-ABDI facebook-ABDI

Leave a Reply

Your email address will not be published.